UN telah ditetapkan tidak menentukan kelulusan, tetapi mengapa motivasi belajar…

UN telah ditetapkan tidak menentukan kelulusan, tetapi mengapa motivasi belajar siswa semakin menurun? Padahal guru telah menerapkan berbagai strategi kbm yang telah diperolehnya dari diklat dan workshop ttg kbm.

Facebook Comments

Uncategorized

14 thoughts on “UN telah ditetapkan tidak menentukan kelulusan, tetapi mengapa motivasi belajar…

  1. Saya mau jawab pertanyaan bapak2 dan ibu di komentar :

    1. Indikator menurunnya motivasi belajar siswa bisa dilihat dari cara belajar siswa sehari-hari, kerajinan siswa mengerjakan PR, dan tinggi rendahnya nilai hasil ujian.

    2. Menurun tidak nya proses belajar dapat dilihat dari dua pihak yaitu keseriusan menuntut ilmu dan transfer ilmu. Fakta di lapangan adalah, sebagian siswa tidak serius menuntut ilmu, nyata dari hasil ujian yg rendah padahal guru sudah memberikan pengajaran… Demikian juga sebaliknya, sebagian guru tidak 100% melaksanakan tugasnya yaitu transfer ilmu. Entah karena posisi sudah aman atau alasan lain.

  2. Siapa bilang UN ditetapkan tidak menentukan kelulusan, UN itu kan ada ketentuan KKM nya,, klw KKM nya tdk terpenuhi itu kan tidak lulus UN nya, beda saja UN sekarang tidak yg sebenarnya,. , Dan klw di SD data input ijazahnya 2 kategori 1 nilai rata-rata raport kls 456 ke dua nilai US/UN itu sendiri, … Jadi klw nilai US/UN nya tidak mencapai KKM tentu ada yg tidak lulus. Berhubung sudah tau KKM berapa jadi pihak sekolah antisipasi utk itu ,biar siswanya mencapai KKM tersebut..

  3. Kurang seriusnya siswa dlm mengikuti unbk krn dianggap jaman skrg lulus sangat mudah asal rajin sklh asal msk terus walaupun akhirnya anak oon tetap dipertimbangkan dan faktor lain krn anak selalu dekat dan pegang hp sehingga lbh asyik dan sibuk sendiri dgn kehidupannya

  4. Yg peting kita sbg pendidik uda jalankan tgs kita,,, toh bukan cuma kita gru Sd,smp dan sma sja yg bertgs tk cerdaskan anak bgs msh ada pendidikan yg ada diatas kita ytu PT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *