Ujian Sekolah / Ujian Negara Jika tujuannya memetakan kompetensi, akan…

Ujian Sekolah / Ujian Negara

Jika tujuannya memetakan kompetensi, akan lebih bijak tanpa memberikan embel-embel kategori dan klasifikasi lulusan. Kemudian berkaitan dengan proses penerimaan calon siswa di jenjang berikutnya, maka tidak perlu proses seleksi berdasarkan indeks prestasi nilai akademik. Karena yang kita inginkan adalah membangun masyarakat pembelajar, penghasil karya untuk kebaikan hidup, bukan masyarakat pekerja (kuli) yang merasa bangga dengan nilai angka.

Hingga kini kita menuai hasil paradigma lama pendidikan itu dalam berbagai bentuk dan dampaknya, memiliki sumber daya alam terkaya, namun tidak bisa dinikmati oleh rakyat yang tinggal di tempat memiliki sumber daya tsb.

Memiliki banyak lulusan ‘pintar’ namun tidak mampu memberikan kontribusi nyata untuk masyarakatnya.

Pendidikan bangsa harus mulai ditempatkan dalam prioritas yang paling utama jika bangsa ini ingin tetap eksis menjadi bangsa yang merdeka.

Pendidikan bangsa harus jadi perhatian di semua sisi, agar kelak cita-cita pendiri bangsa ini terwujud nyata bukan mimpi.

Perdebatann yang belum selesai tentang perlukah Ujian Negara diadakan, perlu diarahkan kepada solusi yang lebih kongkret dari sisi substansinya, bukan teknisnya, sebab lagi-lagi semua akan bermuara kepada orientasi materi, bukan moralitas.

Sejatinya pendidikan harus bisa menghadirkan kehidupan yang baik berkesinambungan, dan tentunya itu dimulai dengan pondasi moral yang kuat.

Ujian sekolah, ajang untuk membuat setiap siswa jadi lebih ingin belajar, bukan jadi frustasi. Membuat guru jadi lebih berdedikasi, bukan terus berpikir mencari peluang untuk curang meracuni pikiran dan hati. Membuat pemerintah semakin bersemangat menyempurnakan amanahnya, bukan semangat merubah cara untuk kepentingan kasnya.

Facebook Comments

Uncategorized

6 thoughts on “Ujian Sekolah / Ujian Negara Jika tujuannya memetakan kompetensi, akan…

  1. Kalau saya berpendapat, negara kita ini saat ini sudah tidak mempunyai tujuan dan dasar utk mencapai tujuan tsb, semua telah dilupakan, kalau dulu, tujuan pendidikan kita jelas sekali sesuai dgn UUD 1945, menjadikan manusia Indonesia seutuhnya, kalau saat ini apa tujuannya, tak jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *