TOEFL TIDAK DAPAT DIPAKAI UNTUK CPNS ATAUPUN PENILAIAN KECAKAPAN BER…

TOEFL TIDAK DAPAT DIPAKAI UNTUK CPNS ATAUPUN PENILAIAN KECAKAPAN BER BHS INGGRIS SESEORANG

hingga saat kami menulis ini … teman2 indonesia satu tanah air, kenal betul dg apa yg namanya TOEFL …

utamanya utk CPNS yg dr sekian banyak syarat lamaran, hrs melampirkan skor TOEFL dg minimal skor tertentu …

patut bapak ibu teman2 pendidik ketahui … ada 3 macam TOEFL yg ada di Indonesia. 2 diantaranya “dijual” oleh ETS (Educational Testing Service, empunya merek dagang TOEFL):

1. TOEFL-ITP (Institutional Testing Program) … diadakan oleh PTN PTN dg membayar sejumlah royalti ke ETS Indonesia … krn mereka gunakan soal test dan lembar jawab bermerek ETS … dg harga kisaran IDR 500,000 – IDR 600,000.

2. TOEFL-iBT (Internet Based Test) … yg hingga kini dijual oleh ETS DI SELURUH DUNIA termasuk Indonesia … dihargakan sekitar US$ 195 – US$200 1 x test.

3. Lokal EPT (English Proficiency Test) … semacam AcEPT nya Univ Gaj** Mad** Yogya, ELPT nya Univ Air**ngga, EPT nya Univ Indo**sia … LPIA-EPT … umumnya berkisar di IDR 100,000 – IDR 350,000.

yg mana TOEFL-ITP tsb di atas dianggap TIDAK LAYAK PAKAI dan TIDAK BOLEH DIPAKAI di banyak tempat kecuali dimana (maha)siswa tsb mengambil test nya. contoh: seorang mahasiswa di Surabaya ambil TOEFL-ITP di Univ Air**ngga, maka skor nya HANYA DAPAT DIPAKAI di Univ Air**ngga tsb.

ETS INDONESIA TIDAK MENJUAL TOEFL-ITP (tidak langsung ke konsumen … tapi dijualnya lewat PTN PTN) … yg mereka jual HANYALAH yg nomor 2 di atas, yg berbasis internet … silah bapak ibu teman2 pendidik coba ke ETS Indonesia utk ambil TOEFL-ITP, nanti mereka ANGKAT TANGAN “Maaf, kami tdk sediakan itu … silah ke PTN terdekat … kemungkinan besarnya mereka bisa adakan” …

prinsip soalan di dalam (segala macam) TOEFL adalah memeriksa kemampuan pengambil test UNTUK NANTINYA MAMPU MENGIKUTI KULIAH BERBAHASA INGGRIS … dan membaca literature2 ber bhs inggris … BUKAN UNTUK PRASYARAT MENJADI SEORANG KARYAWAN!

tidak heran dari sekian banyak soal ada yg semacam:

The “American Revolutionary War” was a great war … the “Great Britain” and the “Thirteen Colonies” later known as the “United States of America”.

a. for b. between c. in d. among

bener? untuk jadi karyawan di Kementerian Agama (semisal) hrs di test yg semacam di atas? nampak sekali itu materi anak kuliah.

YANG LEBIH PARAH DAN SALAH KAPRAH LAGI … mahasiswa Surabaya yg jadi contoh kami di atas, setelah ambil test TOEFL-ITP di Univ Air**ngga … menggunakan skor TOEFL nya utk melamar kerja di 1 perusahaan di Jakarta!

kenapa sejauh ini oke oke saja? dimana mana test TOEFL-ITP utk CPNS atau lamaran kerja? karena:

1. yg menjual TOEFL-ITP tdk jujur mengatakan pada konsumen nya bahwa skor hanya dapat dipakai disitu, tdk di lain tempat.
2. yng mengambil test (konsumen) tdk bertanya apakah skor ini nanti dapat dipakai di tempat/kota lain.

di lain sisi … ETS (badan swasta pendidikan di AS) cukup pandai melihat pasar … mereka buatkan TOEIC utk tujuan pekerjaan … utk menjadi karyawan …

sebagai komparasi … di Vietnam, semua anak2 SMK (vocational schools), saat mereka akan lulus, harus mengambil test TOEIC … karena test TOEIC memang utk bekerja … dan anak2 SMK akan segera kerja.

Bank Mandiri dan Bank BNI … mensyaratkan karyawan nya utk test TOEIC kalau mau menjadi karyawan atau naik tingkat kepangkatan jabatan … bukan TOEFL … karena isi TOEFL tdk ada hub nya dg pekerjaan …

jadi … kalau pemerintah tetap memberlakukan TOEFL sbg prasyarat CPNS ataupun penilaian kecakapan seseorang … maka … SALAH BESAR … seharusnya TOEIC!

mudah2an informasi kami ini dapat sedikit memberi pencerahan pada bpk ibu dan teman2 sekalian. salam pendidikan. 😃✌️👍

catatan: tautan dibawah: unduhan TOEFL-ITP Test Taker Handbook beserta snapshot dari halaman ke 3 katalog yg dikeluarkan oleh ETS sendiri perihal TOEFL-ITP.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • Toefl cpns elpt
Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *