Mendidik anak-anak bukan berarti mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan…

Mendidik anak-anak bukan berarti mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan semata. mendidik berarti mengajarkan kepada anak-anak kita, kemampuan untuk siap dan mampu menghadapi tantangan dunia masa depan yang akan menjadi ajang hidup mereka nantinya.

Dan ini berarti menanamkan keingintahuan dan rasa cinta belajar seumur hidup, kreativitas, keberanian mengemukakan pendapat dan berekspresi, serta penghargaan akan segala bentuk perbedaan (antar manusia).

siswa tidak peduli betapa pintarnya seorang guru, yang mereka pedulikan adalah apakah guru tersebut juga peduli terhadap dirinya. Indikasi bahwa seseorang bisa disebut guru (pendidik) yang hebat bukanlah pada kemampuannya mengajarkan murid untuk pintar menjawab semua jenis pertanyaan, tetapi pada kemampuannya menginspirasi murid agar mengajukan pertanyaan yang dia sendirinya kesulitan untuk menjawabnya.

(Dengan kata lain, bila guru mengajar agar murid bisa sama pintarnya dengan dia, itu biasa saja. Guru yang bagus adalah yang bisa mendidik muridnya agar jauh lebih pintar dan lebih kritis daripada dirinya sendiri.)

Kata mas SOE HOK GIE : guru bukanlah dewa yang selalu benar dan murid bukanlah kerbau yang selalu turut.

Catatan kecil, Selamat berakir pekan kawan…..

Facebook Comments

Uncategorized

6 thoughts on “Mendidik anak-anak bukan berarti mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan…

  1. Membaca status ini, saya ingat th 2005. Ketika saya,dimutasi. Karena saya dianggap menciptakan generasi yang tidak loyal dan temperamental, bersebrangan dengan penguasa. Semoga generasi tua seperti itu sudah mati semua, biar regenerasi bisa berjalan tanpa sendiko dawuh penguasa. Atau mungkin sudah berganti dengan penguasa baru yang sama. Wallahuaklam bisssawab

    Cc pak Choirur Rofiq

  2. … i can’t say no more … S-E-T-U-J-Uuuuuuu …

    seperti apa yang dikatakan William Arthur Ward:

    A mediocre teacher tells.
    A good teacher explains.
    A superior teacher demonstrates.
    A great teacher inspires.

    terjemahan bebas:

    Guru tempe hanya OmDo.
    Guru yg baik menjelaskan.
    Guru yg sangat baik dapat memberikan contoh.
    Guru yg sangat sangat sangat baik menginspirasi siswa utk dpt berbuat (dan menjadikan sesuatu) menjadi yg lebih baik lagi …

    😀👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *