Masih seputar eksploitasi. Sekarang mungkin agak nampak perbedaan besar antara…

Masih seputar eksploitasi. Sekarang mungkin agak nampak perbedaan besar antara swasta dan negeri, tapi batas waktu produktif seorang guru itu berapa lama masih menjadi pertanyaan besar.
Sebagaimana Marx telah menjelaskan jenis eksploitasi pertama, yang di mana waktu kerja diperpanjang tapi gajinya minim dan itu disebut sebagai nilai untung absolut. Ada juga jenis yang kedua. Jenis kedua ini agak berisiko dan justru banyak yang menyukainya. Itu tak lain ketika kita digantikan dengan teknologi. Jenis kedua ini lebih eksploitatif ketimbang jenis yang pertama. Selain kita digantikan dengan teknologi, ciri dari jenis kedua ini juga terlihat pada waktu kerja. Waktu kerja diminimalisir tapi gajinya tetap yaitu gaji yang dihitung berdasarkan waktu produktif pekerja. Dan itu disebut sebagai nilai untung relatif.
Menurut para guru di sini, jenis eksploitasi mana guru yang sering dapati? Btw masih belum jelas nih standar gaji guru.

Facebook Comments

Uncategorized

4 thoughts on “Masih seputar eksploitasi. Sekarang mungkin agak nampak perbedaan besar antara…

  1. Yang sering saya tau adalah jenis eksploitasi yg pertama terbukti dengan dibuatnya full day. Menanggapi jenis eksploitasi kedua, bahwa tidak akan mungkin juga 100% guru diganti oleh teknologi, hanya saja saya melihat begitu banyaknya guru yg masih TBC alias ‘tidak bisa computer’ terutama untuk umur di atas 50 tahun

  2. Dan dalam pembelajaran blended learning yg memadukan pembelajaran face to face dan pembelajaran jarak jauh (yg menggunakan teknologi semacam web learning management contoh schoology), masing masing pembelajaran tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing masing

  3. Mengapa eksploitasi yg pertama lebih tampak?
    Mungkin karena belum adanya aturan yg jelas tentang standar upah profesi guru. (Kcuali guru PNS) yg kedua banyaknya lulusan keguruan yg melebihi kebutuhan. Ketiga profesi guru merupakan profesi yg tidak memungkinkan (masih sulit) dilakukan secara personal (tdk sprti Dokter, pengacara) pengecualian guru les/privat, sehingga profesi guru sangat tergantung dari pemberi kerjanya dalam menentukan berapa gajinya.
    Saya kira ketiga hal diatas sangat barpengaruh terhadap lemahnya posisi tawar guru bila dihadapkan pada berapa gajinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *