MARAH Pagi itu kelas saya awali dengan komunikasi heart to…

MARAH

Pagi itu kelas saya awali dengan komunikasi heart to heart karena melihat kondisi kelas yang tidak sedap dipandang setelah hari sebelumnya saya ada tugas luar. Meja guru berantakan, meja dan kursi anak serta karpet dan papan lukis tidak rapi, balok berserakan, loker anak juga sama. Saya bertanya,”anak-anak ada yang takut dengan Bu Nurul?” Ndak ada Bu, jawab mereka. Saya lanjutkan lagi,”kalau Bu Nurul marah anak-anak takut tidak?” Mereka tetap menggeleng dan berkata tidak Bu, ada juga yang menyahut, “kata mami kalau Bu guru marah itu tandanya sayang”. (Alhamdulillah, saya bersyukur mengetahui wali murid demikian).

Nah, betul apa yang disampaikan oleh teman kalian.. ibu minta maaf ya kalau ibu sudah marah sama anak-anak karena ibu berharap anak-anak ibu itu menjadi anak yang baik dan sopan.. “anak-anak bisa bersikap baik dan sopan?” Bisa Bu kata mereka seperti grup paduan suara. Coba perhatikan mejanya ibu, meja dan kursi anak-anak, papan lukis, balok, karpet, loker.. tanpa komando mereka langsung berhamburan menata benda-benda sebagaimana mestinya, saya pun demikian.

Setelah semuanya tertata rapi saya konfirmasikan,”bagaimana anak-anak, kelasnya bagus kalau rapi atau berantakan?” Rapi Bu.. terimakasih anak-anak, ibu minta tolong, ada ibu atau tidak ada ibu anak-anak harus tetap menjaga kebersihan dan kerapian kelas, kalau kelasnya bersih dan rapi kita mau bermain dan belajar juga nyaman. Mau tidak menolong ibu? Mau Bu..

Di hari yang lain, saya marah dengan seorang anak karena dia tidak mengerjakan tugas malah merusak meja dengan gunting. Dia termasuk anak yang moody. Kenapa kamu merusak mejanya nak? De nggak bisa ngerjakan tugasnya. Kalau memang De Ndak bisa atau kesulitan harusnya bagaimana? Bilang sama Bu guru. Lha itu De tau..

Saat akan pulang, saya bilang sama De, Bu guru minta maaf ya tadi sudah marah, ibu marah karena De tidak mengerjakan tugas dan merusak meja, itu sikap yang tidak baik, De ngerti kan.. lain kali minta bantuan ibu kalau kesulitan, De nggak mau minta maaf? Iya Bu, De minta maaf , besok Ndak diulangi..

Jadi begitulah, saya selalu menunjukkan ekspresi, baik senang, marah, sedih dll sewajarnya..

Bagaimana menurut bapak ibu di sini, apakah tindakan saya benar atau salah..?

Facebook Comments

Uncategorized

16 thoughts on “MARAH Pagi itu kelas saya awali dengan komunikasi heart to…

  1. Menurut saya, tindakan ibu benar. Ibu mempunyai kecerdasan emosi yg baik. Ibu tdk hanya marah tpi jg menjelaskan apa yg menyebabkan ibu marah dan memberitahu apa yg semestinya dilakukan anak didik ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *