Malam all rekan guru se Indonesia, Jujur ya all, aku…

Malam all rekan guru se Indonesia,

Jujur ya all, aku kadang iri dengar teman2 aq kalau sedang bercerita. Saat mereka bilang bahwa mereka dapat penghasilan 7 juta sebulan kerja di Bank tertentu. Belum lagi dapat tunjangan, bonus dan THR yg jumlahnya puluhan juta/tahun. Penghasilan mereka yg banyak, mereka bisa traveling ke Bali, Borobudur atau Prambanan, kemanapun tempat wisata yg mereka mau. Enak banget kerja di Bank apalagi bank yg punya negara (BUMN), karyawannya sejahtera (pikirku).

Lalu, aku bandingkan dengan penghasilanku yg 400 ribu/bulan. Miris…

Aku bilang, aku hidup di negara mana. Inilah nasibku sebagai seorang guru honorer, yg tamat dari sebuah lembaga pendidikan LPTK dari universitas ternama. Tak bisa kusalahkan diriku, sekolahku atau nasibku. Mau tidak mau aku hanya bisa menerima kenyataan hidupku saat ini bahwasannya aq seorang guru berpenghasilan sekian ratus ribu per bulan… Yg ku tau dengan penghasilanku yang segitu, aku melakukan tugasku dengan iklas, walau sesekali saat bekerja.. tatapanku memandang jauh.. menembus dinding tembok sekolah tempatku mengajar. Apa yang kupikirkan selain nasib tanganku.

Negara ini memang begitu adil sama rakyatnya, tidak ada kejomplangan kesejahteraan. Bahkan para pejabat di negara ini sangat memperhatikan kemerataan pendapatan dan kesejahteraan rakyatnya. Tapi, itu hanyalah contoh sebuah majas dalam pelajaran bahasa… 😞

Catatan seorang pemimpi….

Facebook Comments

Uncategorized

25 thoughts on “Malam all rekan guru se Indonesia, Jujur ya all, aku…

  1. Mengajar sambil sesekali berharap keajaiban itu dtg tapi kemudian segera kembali ke dunia nyata. Berbuatlah … bermimpilah… ttg sesuatu yg menghasilkan uang. Krn saya tdk hdp d dunia angan2. Meski sekedar mencoba berjualan kaos kaki… atau mulai mengumpulkan informasi ttg pelatihan ketrampilan menjahit yg di adakan BLK kabupaten. Meski sepertinya itu terasa mustahil diikuti krn tanggung jawab mengajar. Yaah… lg2 kembali k dunia nyata. Belajar ketrampilannya lewat FB aja.. praktek mandiri. Lumayan utk tambahan belanja drpd sekedar merenungi nasib yg terasa kian buram. Hehe. Hidup tetaplah pilihan. Begitu saya rasa.

  2. Jangan selalu melihat keatas, nanti terpuruk ke dalam lubang dimana kaki menapak. Cobalah sesekali lihat ke bawah, itu akan menambah rasa syukur dan nikmat atas rezeki yang ada.
    Saran saya, cobalah buka pintu2 rezeki yg lain dengan menggali potensi kita. Kalau terus berkeluh kesah nanti akan membuat kita menjadi orang yg kufur nikmat.
    Wallahualam…

  3. Bapak banyaklah bersyukur jangan rendah diri Allah Maha kaya bapak penghasilan saya dl saat pertama mengajar 80K dalam sebulan namun saya bisa berfikir kreatif menggunakan waktu saya untuk usaha samping an dan Alhamdulillah saya bisa berumrah dan bisa ibadah haji, jadi jangan menyalahkan nasib karena kita dapat mengubah nasib dengan izin Allah. Tetap semangat dan kreatif

  4. Sabar ya.Allah sudah mengatur rejeki masing2 orang. Saya awal sukwan kira2 thn 1990 honor 10.000 rupiah, thn 2001_ 2003 100.000 rupiah..Alhamdulillah th 2008 Allah telah memanggilku menjadi PNS

  5. Jika anda muslim maka ketahuilah 400rb yg anda dapatkan adalah jalan menuju Syuga, tp 7 juta dr gaji bank ribawi yg mereka dapatkan adalah jalan menuju Neraka. Dan jika anda muslim maka kesabaran anda dalam mengajar adalah tidak ada balasan yg setimpal kecuali Syurga. Maka berbahagialah seorg guru yg dgn penghasilan terbatas di dunia, tapi mendapatkan penghasilan tanpa batas di Syurga.
    قُل يا عِبادِ الَّذينَ آمَنُوا اتَّقوا رَبَّكُم ۚ لِلَّذينَ أَحسَنوا في هٰذِهِ الدُّنيا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرضُ اللَّهِ واسِعَةٌ ۗ إِنَّما يُوَفَّى الصّابِرونَ أَجرَهُم بِغَيرِ حِسابٍ
    Wahai hamba-hamba-Ku yg beriman, bertaqwalah kalian pada Rabb-mu. Untuk orang-orang yg berbuat kebaikan di dunia itu, adalah kebaikan pula, dan bumi Allah itu luas. Hanyasaja sungguh cukuplah bagi orang-orang sabar itu balasannya adalah, tanpa batas. (Az-Zumar, ayat:10)

  6. Solusi alternatif:
    1. Berusaha jd PNS (jalur tes/honorer k1/k2 dlsb)
    2. Kalo sekedar traveling banyak even untk guru spt (inobel,ogn,gupres, IN K13,dll) dijamin traveling gratis semua 🙂
    3.Mau gak mau hrs punya usaha sampingan /wirausaha.
    4. Tetap semangat optimis dan berpikir positif…..(y)

  7. Sebelum menjadi guru PNS saya bekerja di NGO. Kemana-mana sudah sering naik pesawat, tidur di hotel, gajinya juga sudah jutaan sebelum tahun 2006.
    Lalu menjadi guru PNS (sesuai saran ortu) dan awalnya bergaji 800 ribu. Tentu sedih, kecewa. Belum lagi ketemu sistem yang sering bertentangan dengan nurani. Tapi saya dan ortu percaya bahwa menjadi guru PNS itu sebagai awal, bukan akhir perjalanan hidup. Ya saya jalani saja.

    Dan setahun ini saya bersiap-siap memulai petualangan hidup babak berikutnya .. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *