Jadi pertanyaan saya lewat momen PPG yg kebetulan payung hukumnya…

Jadi pertanyaan saya lewat momen PPG yg kebetulan payung hukumnya jelas dan rencananya kebijakan ini Agustus 2018 akan digulirkan secara masal.
Apakah PPG akan dimanfaatkan pemerintah untuk jadi keran dlm perekrutan guru PNS/ASN ke depan?
Kalau ya berarti sarjana pendidikan saat ini daya tawarnya sangat rendah sekali.
Efeknya, kebayang banyak ortu yg kecewa dan tidak bangga lagi punya menantu yg bergelar S.Pd. juga M.Pd belum jaminan.
Logika efeknya akan demikian. :'(

Facebook Comments

Uncategorized

22 thoughts on “Jadi pertanyaan saya lewat momen PPG yg kebetulan payung hukumnya…

  1. Dulu ya dulu, sekolah dengan nama sesuai karakter yg dipangku; misal: spma, sprg, smk kehutan, karawitan, kria logam, guru kejuruannya ya dari departemen yg memiliki, smk pelayaran gurunya dari pelayaran, guru karawitan ya dari sekolah tinggi karawitan. Setlah nama dilebur menjadi smk…..spma membuka jurusan tkj misal atau otomotif.

  2. Kalau mau jadi guru ya coba petakan pembelajar kita sejak sekolah dasar, yg penting ruh pendidiknya bina. Pola instan PPG praktek mengajar full apa juga akan menjadi jaminan mutu guru? Pihak mana yang akan mengujinya nanti?
    Condong kebijakan ini hanya jadi rem buat LPTK swasta,bisa jadi karena output S.Pd sudah tidak masuk akal pemegang kebijakan lagi.

  3. Mohon konfirmasi apa info ini benar?
    #PPG #Verpal #SimPKB

    Jawaban Tim SIM PKB Pusat:

    “sementara diabaikan dulu, nunggu rilis fitur baru yang memecah jalur registrasi ppg dengan jalur verval prodi/ijazah”

    Bila ya yang sudah daftar ‘batalkan” dulu dan bagi yang belum abaikan dulu.

  4. Sangat sulit ya kayaknya… mengukir sejarah di negeri ini mengangkat “PRESTISE” S.Pd agar setara dg Ir. , SH atau Dokter…???
    Dari dulu kesanya S.Pd… gelar Sarjananya Wong cilik…

  5. Sepertinya utk apa yg telah dimaklumatkan oleh kemdikbud dan kemristekdikti pada thn 2015 bhw perekrutan guru PNS syrat utamnya adlah memiliki sertifikat pendidik yg kmudian mngusung nawacita ke 5 Presiden RI dalam bentuk formasi khusus Guru Garis Depan hanyalah isapan jempol belaka karena ternyata usia haruslah di bawah 35 tahun. Jadi jika usia sudah berusia di atas 35 thn maka pemerintah telah menutup impian kita untuk menjadi guru PNS walaupun sudah bersertifikat pendidik dengan adanya UU ASN.

  6. ..menurut sy program PPG sbaiknya ditolak, krn 2 alasan:
    1). Klo tujuannya utk meningkatkan kompetensi calon guru, hanya akan memperpanjang (mempersulit) lulusan PT Kependidikan utk menjadi guru. Klo dirasa kompetensi paedagogik lulusan PT Kependidikan kurang, maka sbaiknya cukup dg mempertajam matakuliah2 Dasar Kependidikan di PT Kependidikannya.
    2). Klo tujuannya utk spy yg dari alumni PT Non Kependidikan (Ilmu Murni) jg bs menjadi guru, maka ini akan mempersempit kesempatan lulusan PT Kependidikan utk menjadi Guru.

    Atau mungkin ada tujuan/kepentingan lain…????? (krn pd jaman skr stiap program layak dicurigai latar belakang kepentingannya) 😃

    Tp menurut sy penggagas program PPG memang kurang cerdas/ kurang mampu berpola pikir yg taktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *