Jadi kalau UN sudah tidak mempengaruhi kelulusan, penerimaan siswa juga…

Jadi kalau UN sudah tidak mempengaruhi kelulusan, penerimaan siswa juga pakai zonasi ga pakai NEM UN, universitas juga ga mau pakai hasil UN tapi ada ujian sendiri…
Jadiiiiiiii…. Buat apa to UN ituuu????
#cumatanya… Beneran lho ini cuma tanya xixixi…

Facebook Comments

Uncategorized

25 thoughts on “Jadi kalau UN sudah tidak mempengaruhi kelulusan, penerimaan siswa juga…

  1. Sperti nya sistem pendidikan hrus mengalami reformasi, kata sebuah video viral yg sy tonton, jgn paksa ikan untuk bisa memanjat pohon, jgn ukur kemampuan siswa dengan tes brstandar.. Itu tdk adil!

  2. Nilai UN sebagai alat ukur kualitas pendidikan setuju As’ad Al Panjary saya bayangkan bila UN tiada sy yakin siswa tdk ada yg mau belajar ditambah dgn isu HAM yg cenderung liberalis… Rusak lah dunia pendidikan kita..

  3. TUJUAN DAN FUNGSI PENILAIAN HASIL BELAJAR

    Pelaksanaan penilaian hasil belajar pada proses belajar mengajarbertujuan untuk:
    (1) mengetahui kemajuan belajar siswa, baik sebagai individu maupun anggota kelompok/kelas setelah ia mengikuti pendidikan dan pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
    (2) mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi berbagai komponen pembelajaran yang dipergunakan guru dalam jangka waktu tertentu. Komponen pembelajaran itu misalnya menyangkut perumusan materi pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, media, sumber belajar, dan rancangan sistem penilaian yang dipilih.
    (3) menentukan tindak lanjut pembelajaran bagi siswa, dan
    (4) membantu siswa untuk memilih sekolah, pekerjaan, dan jabatan yang sesuai dengan bakat, minat, perhatian, dan kemampuannya.
    Dari tujuan tersebut, menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar pada dasarnya tidak hanya sekedar mengevaluasi siswa, tetapi juga seluruh komponen proses pembelajaran, seperti guru

    sungguh bodoh jika TS adalah seorang guru tapi mempertanyakan kegunaan UJIAN

  4. Mohon maaf, menurutku UN model saat ini omong kosong….
    Kalau alasan demi kualitas pendidikan, gunakan UN model ESSAY bahkan kalau perlu PRAKTEK/UNJUK KERJA dengan pengawas silang…

  5. Pandangan anda yang menurut saya kurang tepat mengenai penilaian khususnya UN. Sudab bagus kan UN tidak menjadi penentuan bagi siswa untuk kelulusan mereka atau jenjang masuk tingkat berikutnya. Pemerintah sekarang lebih menggunakan UN sebagai alat ukur pemerataan pendidikan. Dengan UN pemerintah bisa mempunyai sedikit gambaran adanya kesenjangan. Pemerintah sudah sadar bahwa fungsi penilaian (termasuk UN) bukan untuk siswa melainkan untuk mereka.

    Sayangnya masih banyak guru yg tidak melakukan hal serupa. Banyak guru yg masih menakut-nakuti siswa dengan UN seolah siswa yg membutuhkan UN.

    Sekian.

  6. Γ™N masih perlu.. untuk melengkapi instrumen pemetaan pendidikan.
    Yg perlu di perbaiki adalah :
    – Kejujuran dalam pelaksanaanya (guru, siswa, masyarakat harus didorong untuk JUJUR apapun hasil UN tsb. jangan dijerumuskan untuk CURANG krn hanya untuk CARI MUKA pendidikan dibawah kewenanganya SUKSES)
    – jangan jadikan UN sebagai alat ukur tunggal keberhasilan pelaksanaan pendidikan disekolah.
    – Biaya pelaksanaanya ditekan se efisien mungkin, tapi tetap menghasilkan data yg valid dan riil.
    #LANJUT UN

  7. Sy UN bisa diadakan, tp satu/dua syarat..
    1.Gak perlu msuk dlm penilaian ijazah.
    2. Tdk usah diumumkan sbg pencapaian tertentu dr keberhasilan daerah..
    Itu bsa menjadi “tekanan” daerah lain. Atau cari cara agar, hasil un tdk digunakan oleh kepala atau pejabat daerah tdk jadi ajang CARI MUKA

  8. UN utk pemantauan penilaian tdk masalah, pengambil kebijakan skolah, dinas. Tp jgn I gunakan sebagai penilaian kualitas sekolah, rangking sekolah. Kra rubah mindset nilai UN hanya utk ke jenjang selanjutnya, atau berlomba Lomba nilai setinggi setinggi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *