Guru harus mandiri secara finansial.

Guru harus mandiri secara finansial.

Facebook Comments

Uncategorized

25 thoughts on “Guru harus mandiri secara finansial.

  1. Kalau saya boleh menilai, kebanyakan jika seseorg yg diangkat utk jantan tertentu, bukanlah berdasarkan prestasi kerjanya, tapi lama bertugas, banyak setoran, saling kenal baik, dan punya keinginan utk menjabat, serta penurut dgn atasan.

  2. Yup betul realitanya memang banyak seperti itu.
    Tp kadang merdeka dr urusan finansial tdk mudah (kecuali PNS) karena guru yg berkemampuan pedagogik bagus blm tentu punya kemampuan entrepreneurship yg bagus jg. Mungkin pemerintah selain rajin ngasih pelatihan profesi keguruan jg harus ngasih pembinaan entrepreneurship buat guru2. Trs klo mau menuntaskan bobroknya birokrasi di hilir harus selesaikan dulu masalah dihulunya.

  3. Mungkin dari group ini juga bisa membentuk group Guru Mandiri Finansial , tempat untuk menularkan atau berbagi entrepreneur skill , jadi tidak terpenjara oleh kebijakan yang menyesakkan. Kemandirian finansial membuat kita tidak lagi memikirkan tentang pendapatan melainkan membawa kita pada integritas pengajar dan pendidik tingkat maksimal , berkah ilmu yang bermanfaat bisa kita reguk kelak di kehidupan akherat 😄

  4. Mental korupsi lebih banyak terjadi di kalangan PNS , karena kalau swasta atau sekolah international nyaris tidak ada peluang untuk KKN , jilat – menjilat juga jarang terjadi karena struktur organisasi nya juga berbeda , dan tidak ada yang perlu di jilat atau di jatuhkan , bahkan kalau mau di kasih jabatan / tugas pada kabur …karena mending cari les an daripada di tambahin kerjaan dengan tambahan gaji yang biasanya tidak seberapa #les an di jakarta per jam 100 ribu untuk Preschool dan jabatan yang ada hanya kepala sekolah , kepala guru (head teacher) , supervisor , dan sama sekali tidak terlalu menarik untuk jadi alasan jilat menjilat dll #ada sih tapi mungkin hanya segelintir guru yang kurang pergaulan masih sempit cara berpikirnya

  5. Sy termasuk guru honorer yang terpaksa hrua mencari pekerjaan sampingan lain mngajar. Kalau di desa kami, sy bisa mancing atau berkebun.
    Hnya saja berdampak pada kurang fokusnya menjalankan tugas sbgai guru.
    Mungkin ini tentang manajemen, tapi tetap saja sedikit atau bnyak akan mengurangi fokus sbagai guru.

  6. Setuju,… Guru adalah sebuah profesi seharusnya mendapat gaji yg layak. Bila keadaan belum memungkinkn untuk itu, kt hrs pandai mncari peluang, buka privat, ngajar di bimbel.dulu sebelum saya PNS gaji saya lebih besar dari PNS. Setiap ada tentor tak dpt datang, saya siap mengisi. Pekerjaan sampinganpun tdk harus menyebrang dr kompetensi yg kt punya yaitu sbg guru.

  7. Pandai atau tidak mencari kerja sampingan itu relatif,dibeberapa kejadian yg sulit itu kebagian waktu buat sampingan jg jd benturan buat guru nyambi,yang saya sayangkan kenapa pemerinta menetapkan upah guru honorer khusunya 15% dari jumlah siswa yg ada,klo siswanya banyak gurunya dikit,nah klo dibalik siswanya dikit gurunya banyak,ini yg masih jd PR buat K3S nerobos persentasi yang layak buat guru dijuknis yg ditentukan pemerintah.apakah K3S tidak bisa mengajukan keberatan soal itu? Atau ada apa? Kalimah klo juknis BOS buat gurunya maksimal,guru g mesti nyambi atau semacamnya.kan jd bisa fokus nyusun RPP buat bsk ngajar dan sebagainya.

  8. Salah satu solusi dari pemerintah untuk meningkatkan penghasilan guru adalah ikut sertifikasi profesi guru ini berlaku kepada semua guru, karena keterbatasan anggaran jadi tidak langsung sekaligus semua guru…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *