Guru Dapat Kenaikan Gaji, Karena Mogok, Dan Pengaruh Anak SD…

Guru Dapat Kenaikan Gaji, Karena Mogok, Dan Pengaruh Anak SD

Hampir 300 ribu guru di negara bagian West Virginia di Amerika mogok kerja utk 4 hari, untuk menuntut kenaikan gaji. Gubenur akhirnya jadi setuju, dan mogok selesai. Awalnya gubenur menolak, karena tidak ada dana. Tapi setelah dia diskusi dengan seorang anak SD kelas 6, dia mengaku pikirannya berubah. Ketika ada acara tanya jawab dengan anak2 sekolah, gubenur jelaskan bahwa uang pemda perlu khususkan dananya untuk investasi turisme dsb., agar bisa tingkatkan penghasilan pemda. Lalu anak kecil itu bertanya kepada sang gubenur, apakah tidak lebih baik kl gurunya digaji dengan baik, agar bisa fokus dan mendidik dengan baik, agar anak itu menjadi pintar, dan dia bisa menciptakan penghasilan dan kemajuan yang baik di kemudian hari?

Gubenur mengaku bahwa komentar anak itu mengubah pikirannya, dan dia perlu menganggap kenaikan gaji sebagai guru sebagai suatu investasi bagi masa depan anak dan peningkatan kecerdasan mereka, yang akan membawa hasil baik bagi propinsinya nanti. Jadi dia setujui kenaikan gaji bagi semua guru.

Sedangkan di Indonesia, kebanyakan siswa mengatakan bahwa mereka diajarkan utk hafal jawaban yang benar (milik guru), diam dan taat dengan guru dan pemerintah, dan jangan berani berbeda pendapat. Di Amerika, mendidik anak untuk berpikir sendiri malah membawa hasil kenaikan gaji bagi guru, setelah seorang anak SD menjalankan ajaran gurunya untuk menyampaikan pendapatnya dengan baik dan benar kepada pihak yang berkuasa. Dan berhasil. Pikiran anak adalah hasil dari sistem pendidikan. Mau dapat negara maju dan sejahtera, mulai dengan mengubah sistem pendidikan.
-Gene Netto

Schools closed in West Virginia for another day amid teacher strike

6th-Grader Persuades Governor To Give West Virginia Teachers A Raise, End Strike
The walkout — which kept the state’s roughly 277,000 public school students out of class — came after Justice signed legislation late on the night of February 21, granting teachers a 2% pay increase starting in July, followed by 1% pay increases over the next two years.
https://edition.cnn.com/2018/02/27/us/west-virginia-teachers-strike/index.html

Facebook Comments

Uncategorized

25 thoughts on “Guru Dapat Kenaikan Gaji, Karena Mogok, Dan Pengaruh Anak SD…

  1. Moga moga komenku ga dihapus lagi…
    Kemarin dulu mrofokasi guru soal pelecehan kekerasan di Indonesia. Skrg nunjukin contoh dr negara laen krn gaji. Knapa juga ngebet banget sih … ngajak guru demo. Kita mah real banget … di Ind ga da urgensi shg harus demo. Trus klo negara nurutin kita atas demo gaji… apa ya kuat negara bayar. Mikir… jangan hanya profokasi.

  2. Tidak banyak tulisan bapak yang saya setujui, tapi kali ini saya setuju.
    Bukan masalah gaji yang rendah atau ajakan demo untuk poin tulisan diatas. Tapi bagaimana kita mendidik siswa dengan memberikan ruang kreatifitas dan mengajarkan ilmu dengan cara terbaik yang kita bisa.
    Saya honorer pak, dan saya menikmati setiap detik berada di ruang kelas. Kebahagiaan bukan tentang uang dan kekayaan, jikalau itu standar kebahagiaan maka tak akan pernah aku temukan senyum tulus dari orang di jalan dan pekerja kasar. Kebahagiaan tentang menerima dan mensyukuri keadaan. Dan saya bahagia menjadi seorang guru, tak perduli berapa banyak pilihan pekerjaan lain yang bisa saya lakukan. InsyaAllah saya akan tetap menjadi guru 😂😂😂

  3. Setuju benar saya dg M.Taufik, satu sisi lagi harus riil kita mengamatinya betapa miris perjuangan dan penderitaan teman honorer (sekolah,administrasi,kesehatan dll) hanya kerapian pakaian pagi hari saja. Sedangkan sepulang ngantor Ada yg Ngarit rumput buat mbeek, maah. Atau macul . Saya jg merasakan bangga ketika para siswa itu mengatakan” pantas bapak orang tegas waktu kami belajar dan itu gunanya kami rasakan ketika kuliah dan kerja”

  4. Berita ini menunjukkan hasil dari persatuan semua guru. Berita ini menunjukkan hasil positif dari pendidikan bagi anak sekolah.
    Para guru punya tuntuan yang benar dan wajar. Gaji mereka di bawah standar propinsi2 sebelah. Gaji mereka begitu kecil, sehingga banyak guru punya pekerjaan kedua, dan bahkan terima sumbangan makanan dari gereja dan dinsos. Jadi tuntutan mereka benar, punya dasar yang jelas, dan pemda menolak karena tidak ingin alokasikan dana utk guru.
    Siswa usia 12 tahun, ketika ada kesempatan bicara dgn gubenur, tidak takut. Dia bisa bicara dgn jelas, sampaikan pendapat yg jelas, dan gubenur mengaku dia merasa terpengaruh oleh kata2 bijaksana dari anak kecil itu.
    Hasilnya: Guru dijanjikan dapat kenaikan gaji.
    Bukti persatuan. Bukti hasil pendidikan guru ke siswa. Mau ambil pelajaran?

  5. Kalau persatuan guru kan ada PGRI. Pasalnya apa…? Maapkan saya. Masa revolusi penderitaan guru=romusha, masa orba dominan sebutan takaran beras Bulog dan saat ini…..?!!! Silahkan blusukan ke daerah bukan dikota

  6. Negara bukan engga sanggup bayar koropnya kebangatan pertanyaan UDAH BENAR GUNAKAN UANG BOS…BOS…BOS…sesuai semuakah setanah air NKRI ini… Anggaran ada peratiran ada..cah lengkap tapi tiap bulankah TPG di bayar dan jika dibayar yg jujur saja buat apa…TPG#Tunjangan Frofesional Guru… masih engga punya laptop apa masih engga bisa ngetik kompoter…Terlalu banyak alasan…semua tetek bengek..akhirnya bengek semua… Di Kurikulum dikatakan sekolah menentukan kwalitas.. Kenapa Ada UASBN…apa seragam setanah air Fasilitasnya… klo dipikir jernih ini guru yg gila apa atau gimana gitu lho… Undang-undang dusen dan guru udah dibaca kurikulum udah dibaca juga dan peraturan tetek bengek ternyata amat bagus… kenapa Praktiknya… bikin puyeng…ha..

  7. Seringkali rejeki itu bukan tentang besar kecilnya. Tapi barokah atau tidaknya.
    Banyak sekali guru2 yg ikhlas mengabdi dengan gaji kecil bahkan tdk setiap bulan diberikan tetapi hidupnya berkecukupan. Mungkin jg dapat barokah doa dr murid2nya…

    Bahkan guru2 swasta di sini yg sudah sertifikasi yg besarannya hanya 1,5jt/bln, tdk lbh besar dr pembantu rumah tangga, uang tunjangannya sampai bisa buat beli mobil, bangun rumah (tidak habis untuk makan saja).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *