DITUNGGU NASKAH UNTUK JURNAL EDUKASI EDISI 2 TAHUN 2015 Insyaallah…

DITUNGGU NASKAH UNTUK JURNAL EDUKASI EDISI 2 TAHUN 2015

Insyaallah Jurnal Edukasi IGI Edisi 2 tahun 2015, akan segera diterbitkan dan siap diluncurkan bersamaan dengan Kongres II IGI di Makasar tanggal 30-31 Januari, yang insyaallah bakal dihadiri Mendikbud, Anies Baswedan.

Redaktsi masih kekurangan naskah. Monggo segera dipelajari dan dikirimkan naskahnya ke istiqomahalmaky@yahoo.co.id atau ke info@igi.or.id

PERSYARATAN PENGIRIM NASKAH UNTUK JURNAL IGI

1. Guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK anggota IGI (dibuktikan dengan scan Kartu Anggota IGI).

2. Naskah harus asli karya sendiri dan belum pernah diterbitkan di media lain (jurnal ini akan terbit juga dalam versi online selain versi cetak, sehingga plagiasi akan sangat mudah terlacak).

3. Naskah berupa karya ilmiah hasil penelitian (diutamakan PTK) atau hasil pemikiran (konseptual).

4. Tema/topik pembahasan berhubungan dengan dunia pendidikan dan pembelajaran, baik di tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK.

5. Panjang naskah antara 20 s.d. 25 halaman kertas A4 spasi 1,5 huruf Arial 12/TNR 12.

a. Struktur naskah hasil penelitian:
1) Pendahuluan, meliputi: latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.
2) Kajian Pustaka, berisi rumusan kerangka berpikir dan hipotesis yang didasari oleh teori-teori dari pustaka yang kredibel dan terbit paling lambat 10 tahun terakhir.
3) Metode Penelitian, berisi: data, sumber data, seting penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, teknik analisis data, kriteria keberhasilan (khusus PTK)
4) Hasil Penelitian dan Pembahasannya, berisi tabulasi data, kalkulasi data, analisis data, dan interpretasi data.
5) Penutup, berisi: simpulan dan saran (saran harus sejalan dengan hasil penelitian).

b. Struktur naskah hasil pemikiran (konseptual):
1) Pendahuluan, meliputi: latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan manfaat penulisan.
2) Pembahasan, berisi uraian jawaban atas masalah yang dirumuskan pada bagian pendahuluan.
3) Penutup, berisi: simpulan dan saran (saran sejalan dengan isi simpulan).

6. Naskah hasil penelitian disertai abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris sepanjang 75 s.d. 100 kata, berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metode penelitian, dan hasil-hasilnya.

7. Naskah hasil pemikiran (konseptual) disertai abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris sepanjang 75 s.d. 100 kata, berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan hasil-hasil pembahasan.

8. Naskah ditulis dengan memperhatikan ketentuan tata tulis ilmiah, terutama dalam hal pengutipan (citasi) dan daftar pustaka.

9. Disertai biodata ringkas, meliputi: nama, tempat tugas, pendidikan terakhir, alamat, e-mail/blog/web, nomor telp./HP, nomor KTA IGI, karya yang sudah dipublikasikan, pengalaman penelitian, pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, pengalaman mengikuti pelatihan/seminar/workshop/ lokakarya, dll.

10. Naskah dikirimkan ke redaksi melalui email info@igi.or.id dalam bentuk file MS Word yang disisipkan (attachment)

Colek Komandan Mohammad Ihsan, Ahmad Suhardi.
Speial Babe Nurdin Aceh Timur mana kirimannya? Lha Yang Babe janjikan sudah saya itung naskah masuk lho. Kok belum dikirim-kirim?

Bu Manik Indraprasti Mughni juga naskah dari teman-teman IGI Jabar juga mana?

Facebook Comments

Uncategorized

25 thoughts on “DITUNGGU NASKAH UNTUK JURNAL EDUKASI EDISI 2 TAHUN 2015 Insyaallah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *