Diskusi 6:2(1+2). Cukup hangat. Untuk diskusi lebih lanjut saya buat…

Diskusi 6:2(1+2). Cukup hangat. Untuk diskusi lebih lanjut saya buat lapak tersendiri

Facebook Comments

Uncategorized

25 thoughts on “Diskusi 6:2(1+2). Cukup hangat. Untuk diskusi lebih lanjut saya buat…

  1. Hmm kesimpulannnya penulisan tata letak operasi dlm soal memang harus diperhatikan ya, so antara teorema dan bukti, kalo sdh pake aplikasi(kalkulator sayur, excell atau kalkulator science) jadi beda hasilnya 🤗

  2. Benar atau salah jawaban/bentuk soal di atas, tergantung konteksnya Andri Adi Mustika

    Analogi permasalahan kasus no:
    1. Ada 6 proyek yg harus diselesaikan oleh 2 orang yang mana masing-masing proyek memuat 1 permasalahan moral dan 2 permasalahan material. Berapa total permasalahan yang ditanggung oleh tiap orang?
    6:2*(1+2)
    = 3*(3)
    = 9

    2. Ada 6 masalah yang akan dikerjakan oleh 2 kelompok. Jika masing-masing kelompok terdiri dari 1 pria dan 2 wanita, berapa masalah yang dikerjakan oleh tiap orang?
    6:2(1+2)
    = 6:2(3)
    = 6:6
    = 1

  3. Menurut sifat asosiatif, distributif pengerjaan soal 2*(1+2) berbeda dengan bentuk soal 2(1+2)

    Pembahasan:
    1. 2*(1+2) = 2*(3) = 6
    2. 2(1+2)= (2*1) + (2*2)
    = (3) + (3) = 6

    Soal lebih kompleks:
    1. 6:2*(1+2) = 6:2*(3)
    = 3*(3) = 9

    2. 6:2(1+2)
    = 6:((2*1) + (2*2))
    = 6:(2+4)
    = 6:6
    = 1

  4. a) 2*3+4 tidak sama dengan b) 2(3+4). Kapan kita gunakan bentuk a) daň kapan kita gunakan bentuk b)?
    Apa maknanya kalau siswa hanya diberi soal
    a) 2*3+4=…..
    b) 2(3+4)=….
    Pak Moch Nur Chomari, Pak Andri Adi Mustika?

  5. Pada bab asosiatif dan distributif sudah diterangkan padahal.

    Contoh soal sifat asosiatif :
    1. 2pq + 4q = 2q(p+2)
    2. 16+4p = 4(4+p)

    Contoh soal sifat distributif:
    1. 6(2p+3) = 12p + 18
    2. p(2q+1) = 2pq + p

    Jadi jelaslah sudah, 2(1+2) itu adalah bentuk lain dari (2*1) + (2*2). Mereka, 2 & (1+2), terikat oleh sifat ini, tdk bisa dilepas/dipisah.

  6. 1. Dua kelompok siswa, tiap kelompok terdiri atas tiga perempuan dan empat laki-laki. Berapa orang siswa semuanya?
    2. Di kelas ada dua kelompok siswa masing-masing terdiri atas tiga orang, jika kemudian masuk 4 orang siswa lagi, berapakah jumlah siswa di kelas sekarang?
    .
    Bagaimna menuliskan model matematika kedua kasus tersebut?

  7. menurut saya pribadi, anda salah tafsir. Moch Nur Chomari. karena pertama, 6:2(2+1) itu sama dengan 6:2x(2+1). sama halnya dengan 2m + n = 2 x m + n. kedua, jika hanya 2(2+1) itu bisa dijabarkan dengan (2×2)+(2×1). tetapi kalau ada operasi lain, harus dilihat mana yang di dahulukan. untuk kasus 6:2(2+1) itu bisa dijabarkan begini 6:2x(2+1). jadi yg pertama dilakukan adalah 2+1=3 kemudian 6:2=3 lalu 3×3=9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *