Bagaimana cara mengatasi murid yang superhiperaktif, sehingga mengganggu saat pelajaran….

Bagaimana cara mengatasi murid yang superhiperaktif, sehingga mengganggu saat pelajaran. Berbagai cara telah saya lakukan. Sampai bingung/kewalahan saya mengatasi nya. Mohon sarannya…🙏🙏

Facebook Comments

Uncategorized

18 thoughts on “Bagaimana cara mengatasi murid yang superhiperaktif, sehingga mengganggu saat pelajaran….

  1. Kalau hiperaktifnya masih tergolong wajar sih coba terapkan pembelajaran yang memperhatikan gaya belajar kinesthetic.

    Nah kalau hiperaktifnya sudah tidak wajar baru konsultasikan dengan psikiater, perlu sekolah khusus atau nggak.

    Semoga membantu

  2. kalau pengalaman saya untuk kelas SMP:
    1. pengabaian perilaku sampai dia bosan,
    2. teguran dengan tekhnik pengendalian (ke arah perilaku: contoh menyuruh dia diam dan memperhatikan, namun bukan berupa larangan)
    3. melibatkan dia dalam kegiatan analisis contoh saat saya menerangkan pelajaran selalu saya minta dia berpendapat lebih dulu
    4. memberikan motivasi saat dia berperilaku sesuai dengan keadaan
    5. mendekatkan diri dengannya secara personal seperti kawan saat di luar jam pelajaran dalam artian bertemu bercengkrama di jam istirahat atau saat kegiatan eskul
    6. Memaklumi perilaku dia yg salah dan memberikan kritik secara terbuka tanpa harus menyudutkan dia karena seperti apapun kekurangan seseorang pasti ada potensi yg tidak dimiliki oleh anak lain dari anak hiperaktif

  3. melibatkan si anak secra aktif, misal berikan pertanyaan, mendemontrasikan atau aktivitas yang menuntut keaktifannya terarah pada materi yang diajarkan

  4. Hiperaktifitas tidak sama dg kecerdasan kinestetik tapi anak dg hiperaktifitas mungkin menonjol pada kecerdasan kinestetik dan kecerdasan lainnya.
    Hiperaktifitas disebabkan oleh kekacauan diantara sistem sensori pada pengendali keinginan bergerak. Seringkali disertai sistem sensori pada pengendali perhatian, atau lebih kita kenal konsentrasi. Istilahnya dikenal sebagai ADHD b.idonesianya GPPH.
    Menyuruh anak dg hiperaktifitas diam adl menyiksanya. Menyuruh anak dg gangguan konsentrasi berkonsentrasi adl menyiksanya.
    Menghilangkan hiperaktifitas dan membangun konsentrasi pada anak yg disebabkan permasalahan sensoris adl keahlian medis.
    Guru mengajar dg memanfaatkan hiperaktifitas dan ketidak konsentrasian anak.
    Kesalahan kita adalah menginginkan anak berlaku sesuai keinginan kita tanpa melihat mendalam kondisi anak.
    Fungsionalnya cara mengajar tersebut adl. contoh ingin mengajar membilang 1, maka isi seluruh sisi ruangan dg bilangan 1 bila perlu disertai audio bila disentuh 1 itu. Dg bgitu kemana pun anak melihat, bergerak akan bertemu dg bilangan 1, tanpa menyiksa anak diam dan berkonsentrasi.

    Pola demikian tidak harus di SLB.

  5. bapak Raffiq Ahmad,

    anak2 hyperactive pny kecenderungan sulit utk MAU MENDENGAR, MENURUT, dan MENJALANKAN TUGAS.

    1. SITA PERHATIAN MEREKA.
    yaitu dengan menggambar atau tunjukkan gambar atau gambar bergerak (movies).

    2. BERCAKAP/BERTANYA SEDERHANA.
    TIDAK: “bagaimana pesawat dpt terbang di udara?”
    YA: “pesawatnya lagi TERBANG atau LAGI PARKIR?”

    3. KURANGI HAL-HAL YG DPT MEMBUAT MEREKA ALIH PERHATIAN.
    saat anda tunjukkan gbr di atas, pastikan hny ada crayons, kertas gambar (dan materi pembelajaran). ada alat musik di sekitar, suara anak bermain di luar kelas, akan memecah perhatian.

    4. BERIKAN PERHARGAAN YG TDK BIASA.
    tdk hny sekadar jempol dan ucapan “BAGUS!”, tapi selempang atau mahkota dr karton membuatnya tdk hny bangga, tp juga pusat perhatian.

    5. SESUAIKAN MATERI PEMBELAJARAN.
    mereka bukan makhluk biasa, mereka makhluk LUAR BIASA yg diciptakan YANG KUASA, jadi materi biasa tdk cocok utk yg luar biasa.

    6. BERMAIN! SISWA HYPERACTIVE SUKA BERMAIN!
    erat dg nomor 5 di atas, materi diubah dlm bentuk permainan. artinya … pembelajar (guru) HARUS TAHU betul apa yg dia suka. guru akan gagal kontrol siswa karena tdk tahu siapa siswanya. penjual tdk sukses menjual kalau tdk tau apa yg disuka konsumen.

    7. UNDANG ORANG TUA UTK BICARA PRIBADI.
    ini erat kaitannya dg nomor 5 dan 6 di atas.

    8. 1 GUNUNG KESABARAN UTK SISWA BIASA. 10 GUNUNG UTK SISWA “LUAR BIASA”.
    secara alami, guru wanita lebih sabar dibanding guru pria. SANGAT DISARANKAN seorang ibu (yg betul2 sudah ibu) guru utk handle siswa hyperactive.

    9. MEREKA PUNYA ENERGY LEBIH, dibanding siswa biasa.
    bapak biasa siapkan 5 latihan utk siswa biasa, 5x lipatkan utk siswa hyperactive, mengingat retensi konsentrasi mereka sangat pendek.

    10. JANGAN MEMBUAT MEREKA LELAH KARENA TUGAS.
    buat mereka lelah karena mereka betul2 habis energy nya lakukan banyak hal yg mereka suka. itu sebabnya SANGAT PENTING utk tau betul siapa sebenarnya siswa hyperactive ini.

    … hanya sekadar pendapat kami dr belasan th mengajar bhs inggris dan komputer ke siswa biasa dan luar biasa.

    mudah2an membantu. 😀👍

  6. Waktu konsentrasi anak adalah usianya dikalikan dua.. jadi, kalau anak usianya 10 tahun, konsentrasinya 20 menit.. setelah 20 menit berikan ice breaking, setelah itu coba dampingi anak tersebut (duduk di sebelahnya), beri perhatian,”apakah dia ada kesulitan?”..
    Saran seorang psikolog yang pernah saya terima, setelah semuanya pulang, instruksikan pada anak yang hiperaktif untuk duduk diam (tangan kaki tidak boleh bergerak) sambil menghitung 1-15, jika dia mampu tidak melakukan gerakan selama itu ulang hal yang sama keesokan harinya tapi ditambah 1-20 begitu seterusnya..
    Sudahkah mencoba? Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *